Senin, 30 Juli 2012

Makanan China Jadi Rahasia Kebugaran Atlet 50 Tahun

London - Dengan usianya yang sudah 50 tahun, atlet tenis meja asal Spanyol, He Zhiwen, masih punya kemampuan dan daya saing di Olimpiade 2012. Rahasia kebugaran He Zhiwen adalah mengonsumsi makanan China.

He Zhiwen lahir di Huang Yan, China, pada 31 Mei tahun 1962. Dia bersama keluarganya kemudian pindah ke Spanyol dan mendapat kewarganegaraan di negara Eropa tersebut.

Setelah mengikuti beragam turnamen, tahun ini di Olimpiade 2012 He Zhiwen kembali turun membela panji-panji negaranya. Berusia lebih dari 50 tahun, dia menjadi salah satu atlet tertua yang berpartisipasi di London. Ini menjadi Olimpiade ketiganya setelah di Athena dan Beijing.

Meski sudah setengah abad, He Zhiwen masih sangat gesit meladeni lawan-lawannya dan mengejar bola pingpong. Rahasia kebugarannya ternyata adalah mengonsumsi makanan dari tanah kelahirannya, China.

"Saya merawat diri saya sendiri, saya memakan makanan China dan cukup beristirahat. Saya mungkin tak lagi cepat, tapi saya punya servis yang bagus dan kemampuan taktis yang lainnya," sahut He Zhiwen seperti diberitakan Reuters.

He Zhiwen saat ini adalah penghuni posisi 41 di daftar rangking tenis meja dunia. Dia sudah menggeluti olahraga tersebut sejak tahun 1971, atau 17 tahun sebelum Zhang Jike -- petenis meja nomor satu dunia yang juga favorit peraih emas Olimpiade -- lahir.

Malang buat He Zhiwen karena dia tak bisa berbicara banyak di London 2012. Dia tersingkir di babak ketiga setelah tunduk dari Adrian Crisan (Romania) dengan 2-4.

"Saya mungkin tidak akan pergi ke Olimpiade Rio (2016). Saat ini saya 50 tahun, tapi siapa yang tahu. Kita lihat saja nanti," lugasnya.

( din / krs )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar