Kamis, 02 Agustus 2012

Akhir Pahit Yu Yang

London - Yu Yang memutuskan untuk mengakhiri kariernya di dunia bulutangkis. Dengan segudang prestasi yang dia dapat selama ini, Olimpiade London 2012 adalah akhir yang pahit buat dia.

Yu datang ke London dengan reputasi mentereng. Pebulutangkis berusia 26 tahun itu merupakan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 di nomor ganda putri dan ganda campuran. Selain itu, bersama Wang Xiaoli, Yu juga menjadi juara dunia ganda putri pada tahun lalu.

Wang/Yu sebenarnya difavoritkan untuk meraih medali emas di Olimpiade tahun ini. Namun, perjalanan mereka malah berakhir tragis. Bukannya tersingkir karena karena kalah dalam pertandingan, tapi mereka didiskualifikasi BWF gara-gara dianggap ikut "main sabun".

Hal ini tentu menodai karier cemerlang Yu dalam beberapa tahun terakhir. Selama berpartner dengan Du Jing, He Hanbin, hingga Wang, pemain kelahiran Haicheng itu telah mengukir berbagai prestasi internasional.

"Ini adalah kompetisi terakhir saya. Selamat tinggal BWF, selamat tinggal bulutangkis yang saya cintai," tulis Yu yang dikutip Reuters.

Yu juga mengkritik format grup yang diterapkan di Olimpiade London 2012. Menurutnya, format itu telah membuka celah adanya strategi pilih-pilih lawan.

"Ini kali pertama Olimpiade mengubah format pertandingan. Apakah mereka tak mengerti kerugian yang dialami para atlet?" ujarnya.

"Tanpa perasaan, Anda telah menghancurkan mimpi kami. Sesimpel itu, sama sekali tidak rumit. Namun, ini tak termaafkan," kata Yu.

( mfi / mrp )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar