Minggu, 05 Agustus 2012

Atasi Federer, Murray Sabet Medali Emas

London - Andy Murray sukses menyumbangkan satu medali emas buat Inggris Raya dalam cabang tenis di nomor tunggal putra. Di partai final, Murray mengalahkan petenis rangking satu dunia, Roger Federer.

Di All England Lawn Tennis, Minggu (5/8/2012) malam WIB, Murray mengatasi Federer secara straight set 6-2, 6-1, 6-4 dalam duel yang berlangsung kurang dari dua jam.

Murray tampil cemerlang dengan hanya membuat 17 unforced error sedangkan Federer membukukan hampir dua kali lipatnya yaitu sebanyak 31 kali.

Petenis yang belum pernah menjuarai grand slam ini mematahkan servis Federer untuk unggul 4-2 dan menutup set pertama dengan kembali mematahkan servis lawannya tersebut.

Federer semakin tak berkutik menghadapi Murray d. Setelah tertinggal 0-5, petenis Swiss itu mengamankan servisnya di game keenam tapi Murray sukses memenangi game ketujuh untuk mengamankan set kedua.

Duel lebih seru terjadi di set penentuan. Kedua petenis sempat imbang dalam kedudukan 2-2, dan Murray berhasil mengamankan servisnya di game kelima.

Kunci kemenangan Murray terjadi di game keenam di mana petenis unggulan ketiga ini mematahkan servis Federer untuk unggul 4-2 dan tidak terkejar lawan hingga pertandingan usai.

Dengan keberhasilan ini Murray menjadi petenis Inggris Raya pertama yang meraih emas di nomor tunggal putra tenis Olimpiade sejak yang terakhir disabet Josiah Richi pada 1908.

Murray pun masih berpeluang menambah emas dari nomor ganda campuran --berpasangan dengan Laura Robson--jika mampu mengalahkan pasangan Belarusia Max Mirny/Victoria Azarenka.

Selain itu, Murray sekaligus juga memupus harapan Federer untuk meraih emas pertamanya di ajang Olimpiade di nomor tunggal putra. Di Beijing empat tahun lalu, petenis 31 tahun ini merebut emas di nomor ganda putra, berpasangan dengan Stanislas Wawrinka.

Sementara itu di partai perebutan tempat ketiga Juan Martin del Potro (Argentina) mengklaim medali perunggu dengan menundukkan petenis Serbia Novak Djokovic juga dalam straight set 7-5, 6-4.

( rin / din )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar