Sabtu, 04 Agustus 2012

Bima Sakti Pensiun dari Timnas

Jakarta - Berakhir sudah perjalanan panjang Bima Sakti bersama tim nasional Indonesia. Gelandang veteran itu memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama tim 'Merah Putih'.

Bima mengumumkan pengunduran dirinya seusai pertandingan ujicoba timnas melawan Valencia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (4/8/2012) malam WIB. Dalam laga yang berakhir 5-0 untuk kemenangan Valencia itu, Bima masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

"Saya menyatakan pertandingan ini adalah pertandingan terakhir buat saya. Saya sudah membicarakannya dengan coach Nil (Maizar)," ucap Bima dengan mata berkaca-kaca.

Bima mengawali kariernya di timnas pada tahun 1995 saat masih berumur 19 tahun. Sejak saat itu, dia telah tampil lebih dari 50 kali untuk tim Garuda. Pemain kelahiran Balikpapan ini juga sempat jadi kapten selama beberapa waktu.

"Saya berpikiran ini demi kebaikan tim nasional karena sekarang umur saya sudah 36 tahun. Bang Nil dan tim pelatih sebenarnya masih memercayai saya untuk ikut TC. Tapi, sebaiknya diberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda yang prospeknya lebih panjang di tim nasional," jelas pemain Persema Malang ini.

"Selama beberapa hari latihan, saya lihat Bambang (Pamungkas), Firman (Utina), Ponaryo (Astaman), sudah bisa menjadi panutan buat adik-adik yang lain. Mudah-mudahan ini menjadi titik kebangkitan tim nasional walaupun sepakbola kita sekarang sedang kisruh," imbuhnya.

"Saya izin dari tim nasional dan akan berkonsentrasi bermain di klub," tutup pemain bernama lengkap Bima Sakti Tukiman ini.

=========

Foto: Bima, kala memperkuat timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2002. (AFP)

( mfi / roz )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar