Rabu, 01 Agustus 2012

China Akan Investigasi Atlet Bulutangkisnya

Beijing - Dugaan "Main Sabun" yang dilakukan pasangan ganda putri bulutangkis China membuat gerah Komite Olimpiade di negara mereka. Mereka pun berencana akan menginvestigasi Wang Xiaoli/Yu Yang.

Wang/Yu di luar dugaan kalah dari pasangan Korea Selatan, Jung Kyung-eun/Kim Ha-na di laga terakhir Grup A. Kekalahan ini disebut-sebut disengaja oleh keduanya demi meluluskan skenario All-China Final di nomor ganda putri, karena mereka lolos dengan status runner-up.

Tindakan itu dilakukan sebab pasangan lainnya, Tian Qing/Zhao Yunlei, kalah mengejutkan dari pasangan ganda putri Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter-Juhl di laga terakhir Grup D. Tian/Zhao pun juga jadi runner-up.

Jika saja Wang/Yu menang di laga terakhirnya maka mereka jadi juara grup dan bakal bertemu Tian/Zhao di partai semifinal. Itu yang boleh jadi tak diinginkan oleh kontingen China.

Insiden yang akhirnya juga melibatkan pasangan Korsel lainnya plus Indonesia, sampai ke telinga Komite Olimpiade China. Mereka pun berencana akan melakukan penyelidikan mengenai kejadian yang disebut telah mencederai nilai-nilai fair play dalam olahraga.

"Delegasi Olahraga China akan menyelidiki secara serius insiden di nomor ganda putri bulutangkis," ujar seorang juru bicara Delegasi Olahraga China seperti dilansir Xinhua.

"Usai Pemimpin Delegasi mempelajarai semuanya, mereka akan memanggil pihak-pihak yang bersangkutan untuk diinvestigasi. Komite Olimpiade China selalu menjunjung tinggi semangat Olimpiade di atas lapangan sebagaimana semangat keadilan dan berkompetisi."
( mrp / rin )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar