Kamis, 02 Agustus 2012

China Selidiki Tim Bulu Tangkis Mereka

Olimpiade 2012

China Selidiki Tim Bulu Tangkis Mereka

Kamis, 2 Agustus 2012 | 17:54 WIB

AFP/ADEK BERRY Ganda putri nomor satu dunia asal China, Wang Xiaoli (kanan) dan Yu Yang, ketika tampil di babak penyisihan grup Olimpiade London 2012. Yu Yang/Wang Xiaoli terancam hukuman dari BWF karena dinilai tidak fair saat melawan pasangan Korea, Jung Kyung Eun/Kim Ha-Na, di mana mereka mengalah agar terhindar dari pertemuan melawan rekan senegaranya di babak perempat final.

LONDON, Kompas.com - Delegasi Oimpiade China akan melakukan investigasi terhadap tim nasional bulu tangkis mereka terkait dikeluarkannya pasangan Yu Yang/Wang Xiaoli dari kompetisi Olimpiade London 2012.

Yu dan Wang adalah dua dari delapan pebulutangkis putri yang didiskualifikasi dari Olimpiade, Rabu (1/8/2012), karena dengan sengaja mengalahkan diri di pertandingan mereka.

"Delegasi China sedang menyelidiki atlet yang bersangkutan dan mengatasi masalah itu sesuai dengan hasil investigasi," demikian  pernyataan delegasi China melalui sebuah surat elektronik.

"Kami juga menegaskan bahwa tim kami di pertandingan lain harus melanjutkan semangat Olimpiade dan menjaga sikap demi kehormatan bangsa," tambahnya.

Yu dan Wang bermain konyol selama pertandingan ganda putri saat babak penyisihan grup, Selasa (31/7) malam, saat melawan pasangan Korea Selatan Jung Kyung-eun/Kim Ha-na. Mereka dengan sengaja melakukan gagal servis agar kalah, sehingga tidak bertemu dengan rekan senegaranya asal China jika lolos ke semifinal.

China memang memiliki taktik untuk mempertemukan kedua pasangan pebulutangkis putrinya di babak final, agar negara tersebut mendapat kesempatan meraih medali emas Olimpiade.

Delegasi tersebut mengaku menghormati keputusan Federasi Bulu Tangkis Dunia (WBF) yang mengeluarkan Yu dan Wang dari turnamen.

Editor :

Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar