Senin, 06 Agustus 2012

Chong Wei Akan Jadi Pahlawan Nasional Malaysia

Kuala Lumpur - Gagal merebut emas Olimpiade tak menghapus kontribusi besar yang diberikan Lee Chong buat Malaysia. Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah Malaysia akan menjadikannya pahlawan nasional.

Dalam pertarungan tiga set di final tunggal putra Olimpiade 2012, Chong Wei gagal memberi Malaysia medali emas. Menghadapi Lin Dan, dia kalah setelah bertarung dengan skor akhir 21-15, 10-21 dan 19-21.

Hasil tersebut kembali memupus harapan Malaysia untuk meraih emas pertamanya di ajang Olimpiade. Itu juga menjadi ulangan atas apa yang terjadi di Olimpiade Beijing pada tahun 2008 lalu.

Meski hanya membawa perak, pemerintah Malaysia berencana memberi penghormatan besar pada pebulutangkis 29 tahun itu. Dikutip dari Malaysia Chronicle, dia akan diberi gelar pahlawan nasional saat pulang dari London.

"Dia sudah menunjukkan determinasi dalam pertandingan untuk bisa memenangi medali emas. Seluruh rakyat Malaysia sudah menunggu hal tersebut," ungkap Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Datuk Razali Ibrahim.

Chong Wei sebelumnya sudah menyandang gelar 'Datuk' usai memberi Malaysia medali perak di Beijing 2008. Saat itu Perdana Menteri Najib Tun Rajak menyebutnya sebagai pahlawan nasional.

( din / mfi )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar