Senin, 06 Agustus 2012

Dinilai Mengalah, Kandidat Peraih Medali Didiskualifikasi

Olimpiade 2012

Dinilai Mengalah, Kandidat Peraih Medali Didiskualifikasi

Senin, 6 Agustus 2012 | 23:22 WIB

Dibaca:

AFP/ERIC FEFERBERG Pelari Aljazair, Taoufik Makhloufi, merayakan kesuksesannya melaju ke final nomor lari 1.500 meter putra Olimpiade London 2012, Minggu (5/8/2012). Sayang, Makhloufi akhirnya didiskualifikasi karena dia dinilai mengalah pada nomor 800 meter, Senin (6/8).

LONDON, Kompas.com - Kandidat peraih medali asal Aljazair, Taoufik Makhloufi, dikeluarkan dari Olimpiade London karena tuduhan yang tidak biasa, yakni dirinya dianggap tidak berusaha cukup keras pada perlombaan lari 800 meter pada Senin (6/8/2012). Demikian disampaikan IAAF.

Makhloufi, yang sebelumnya lolos untuk final 1.500 meter yang akan dilangsungkan pada Selasa berkat kemenangannya di semifinal, berlari di heat kelima di putaran pertama nomor 800 meter pada Senin pagi. Tetapi dia gagal finish.

"Makhloufi (yang mengenakan nomor dada 1008) tidak menyelesaikan balap," demikian bunyi pernyataan itu.

"Wasit mempertimbangkan bahwa ia tidak melakukan upaya keras dan memutuskan untuk mengeluarkan dia dari partisipasi pada semua ajang selanjutnya di kompetisi ini, di bawah Peraturan 142.4"

Tindakan ini diambil setelah delapan pemain bulu tangkis didiskualifikasi dari Olimpiade pada pekan lalu, setelah skandal mengalah pada satu pertandingan agar dapat memilih calon lawan.

IAAF juga mendiskualifikasi atlet Kuwait, Mohamad Al-Azemi, karena melakukan pelanggaran. Al-Azemi melintasi garis finish di tempat ketiga pada heat pertama.

Pelari Polandia, Marcin Lewandowski, akan melaju ke putaran selanjutnya, "dengan mempertimbangkan bahwa ia didorong Al-Azemi dan kehilangan kecepatannya," demikian bunyi pernyataan lain dari IAAF.

Editor :

Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar