Selasa, 07 Agustus 2012

KOI Tunggu Laporan PBSI soal Kegagalan Sabet Medali Olimpiade

OLYMPIC.OR.ID Rita Subowo.

LONDON, Kompas.com - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo mengaku prihatin dengan kegagalan tim bulu tangkis Indonesia di Olimpiade London 2012, dan menunggu laporan dari PB PBSI.

"Sembilan atlet bulu tangkis yang diharapkan meraih emas malah tidak dapat apa-apa. Kita prihatin sekali," kata Rita yang dimintai evaluasi mengenai hasil kontingen Indonesia secara keseluruhan di London, Senin (6/8/2012) malam (Selasa dini hari WIB).

Rita memandang perlu melakukan evaluasi secara keseluruhan. "Kami tidak ikut campur masalah internal PB, tetapi kami mau dengar laporan dari Ketua Umum PBSI," ujar Rita.

Ia juga menyesalkan kasus yang menimpa ganda putri Indonesia Greysia Polii/Meiliana Jauhari yang dikenai hukuman diskualifikasi bersama dua pasangan Korea dan satu ganda putri China, akibat dinilai mengatur pertandingan dengan tidak berjuang untuk meraih kemenangan.

"Sangat disesalkan karena itu juga memengaruhi kondisi psikologis atlet-atlet lain," katanya.

Pada Olimpiade London, bulu tangkis tidak memperoleh satu medali pun. Padahal di Beijing empat tahun lalu, cabang olahraga ini berhasil memperoleh satu emas, satu perak, dan satu perunggu.

Rita juga mengingatkan agar cabang-cabang Olimpiade lebih banyak dipertandingkan pada SEA Games untuk meningkatkan prestasi negara-negara Asia Tenggara di Olimpiade.

"Negara-negara Asia Tenggara belum ada yang dapat emas. Jadi, cabang-cabang Olimpiade harus lebih banyak dimasukkan ke SEA Games. Paling tidak ada 15-30 cabang Olimpiade," katanya.

Hingga hari ke-12 penyelenggaraan Olimpiade, Selasa, belum satu pun negara Asia Tenggara memperoleh medali emas. Posisi teratas negara-negara Asia Tenggara diraih Indonesia di urutan 47 dunia (satu perak dan satu perunggu), diikuti Malaysia dan Thailand yang sama-sama di posisi ke-53 dengan satu perak.

Editor :

Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar