Rabu, 01 Agustus 2012

Meiliana/Greysia & 3 Ganda Putri Didiskualifikasi

London - Pasangan ganda putri Indonesia, Meiliana Djauhari/Greysia Polii, akhirnya harus mengakhiri kiprahnya di Olimpiade 2012 karena didiskualifikasi. Bersama mereka, ada tiga pasangan ganda putri lainnya yang bernasib sama.

Seperti dilansir BBC, Meiliana/Greysia, dua wakil Korea Selatan, Ha Jung-Eun/Kim Min-Jung serta Jung Kyung-Eun/Kim Ha-Na serta unggulan teratas, Wang Xiaoli/Yu Yang, dianggap oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) mencederai fair play dengan tidak bermain serius untuk meraih kemenangan.

Alhasil delapan pebulutangkis harus "angkat koper" lebih dulu meskipun semuanya berhasil melaju ke perempatfinal.

Sebelumnya keempat pasangan ganda putri itu dituding "main sabun" di partai terakhir grup mereka. Jika Wang/Yu sengaja mengalah untuk menjaga skenario pertemuan mereka dengan kompatriotnya di partai final. Wang/Yu kalah 14-21 11-21 dari Jung/Kim hanya dalam waktu 23 menit.

Lain halnya dengan Meiliana/Greysia serta Ha/Kim yang sama-sama tak ingin menang di pertemuan mereka semalam, akibat ingin menghindari pertemuan dengan Wang/Yu. Meiliana/Greysia di laga itu akhirnya kalah tiga set 21-18 14-21 dan 12-21.

Para penonton di Wembley Arena sangat kecewa menyaksikan "opera sabun" itu. Mereka mencibir dan bersiul panjang pada para pemain yang sering tampak sengaja memukul bola ke arah net, supaya kehilangan angka.

"Ini bukanlah Olimpiade sebagaimana mestinya," cetus seorang relawan wanita yang mengaku sampai menangis menyaksikan insiden memalukan itu.

Baca berita lain soal ini:
Indonesia Sesalkan Insiden di Nomor Ganda Putri
Usai Partai-partai Kontroversial, Format Bulutangkis di Olimpiade Dikritik
Diduga Berusaha untuk Kalah, Ganda China & Korea Juga Akan Diselidiki
Sisi Kontroversial Bulutangkis China
Diduga Sengaja Kalah, Pelatih: Meiliana/Greysia Sudah Diminta Fight
Diwarnai Kartu Hitam, Meiliana/Greysia Kalah dari Ha/Kim

( mrp / a2s )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar