Sabtu, 04 Agustus 2012

Phelps Akhiri Karier dengan Medali Emas

London - Michael Phelps menutup kariernya dengan pencapaian gemilang. Dalam perlombaan yang berlangsung Minggu (5/8/2012) dinihari WIB, ia sukses meraih medali emas dari di nomor 4x100 estafet gaya ganti.

Sehari sebelumnya, Phelps sukses meraih medali emas atas nama pribadi lewat 100 meter gaya kupu-kupu. Ia mendapatkannya setelah mengungguli Chad de Clos dan Evgeny Korotyshkin.

Pada perlombaan kali ini, Phelps, dan tim Amerika Serikat, mencatatkan waktu 3 menit dan 29,35 detik. Matt Grevers, sebelum dilanjutkan oleh Brendan Hansen dengan gaya dada, lalu Phelps dengan gaya kupu-kupu, dan terakhir Nathan Adrian dengan gaya bebas.

Jepang mengklaim medali perak setelah finis di urutan kedua dengan catatan 3:31,26 detik dan Australia mendapatkan medali perunggu usai menorehkan catatan waktu 3:31,58 detik.

Bagi Phelps sendiri, ini merupakan medali ke-22 atau medali emas ke-18 selama keikutsertaannya di Olimpiade.

Pada Olimpiade ini, pada final pertamanya, Phelps cuma bisa berada di posisi empat pada nomor 400 meter gaya ganti perorangan. Pada perlombaan keduanya, Phelps cuma dapat perak pada nomor 4x100 meter estafet gaya bebas. Sementara di 200 meter perorangan gaya kupu-kupu dia kalah cepat dari Chad le Clos, kembali perak yang harus dia dapat.

Phelps kemudian memang dapat emas, tapi itu dia raih bersama tim Amerika Serikat di nomor 4x200 meter estafet gaya bebas. Medali emas tersebut membuatnya menjadi atlet dengan jumlah medali terbanyak.

Baru Jumat (3/8/2012) dinihari lalu dia berhasil meraih emas atas namanya sendiri. Medali nomor 20 sepanjang keikutsertaanya di Olimpiade itu datang 200 meter gaya ganti putra. Sebuah kemenangan yang dianggap menyempurnakan rekor yang dia buat sehari sebelumnya.

( roz / roz )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar