Senin, 06 Agustus 2012

Phelps: Takkan Ada Lagi yang Seperti Aku

London - Michael Phelps adalah sebuah fenomena. Sepanjang keikutsertaannya di Olimpiade, perenang asal Amerika Serikat itu meraih total 22 medali, 18 di antaranya medali emas.

Setelah meraih empat emas di Olimpiade London 2012, Phelps resmi mengundurkan diri sebagai atlet. Capaian monumentalnya dirasa sudah cukup. Kendati demikian, pria 27 tahun tersebut mengaku belum punya rencana yang jelas setelah tak lagi jadi perenang.

"Aku telah mencapai semua yag aku inginkan. Jika Anda dapat berkata seperti itu, tak perlu lagi memaksakan diri. Sudah saatnya memikirkan hal lain," ujar Phelps dalam USA Today.

"Aku benar-benar tak tahu apa yang akan kulakukan setelah ini. Sama sekali tak mengerti. Rasanya aneh ketika sudah tak lagi berenang.

"Hanya kini aku merasa lebih santai. Sejak 2008, aku terus berlatih dengan sangat keras. Semua mesti dilakukan dengan sempurna. Jam enam pagi aku harus bangun dan lompat ke kolam renang."

Cerita Phelps bermula di Olimpade 2004, saat ia mengoleksi enam emas di Athena, Yunani. Sejak saat itu ia terus mendulang medali emas: delapan di Beijing 2008, dan empat lagi di London 2012.

Dengan total medali yang diraihnya, dia menggeser Laryssa Latynina. Atlet senam Rusia tersebut sempat didapuk sebagai atlet dengan raihan medali terbanyak sepanjang 48 tahun.

Phelps mengaku akan banyak melakukan perjalanan atau bermain golf setelah pensiun sebagai atlet. Tetapi, terlepas dari itu semua, apakah ia khawatir jika kelak rekornya (juga) akan dilewati atlet lain?

"Tak akan ada lagi yang seperti aku," pungkas olimpian terhebat sepanjang masa itu.

( a2s / krs )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar