Selasa, 07 Agustus 2012

Rayakan Medali Pertama di Olimpiade, Grenada Libur Setengah Hari

St. George\'s - Rakyat Grenada larut dalam euforia setelah negara mereka berhasil meraih medali pertama di ajang Olimpiade. Pemerintah negara tersebut bahkan mengeluarkan kebijakan khusus agar rakyatnya bisa berpesta.

Grenada, sebuah negara kecil di Kepulauan Karibia yang jumlah penduduknya tak sampai 110 ribu orang, mendapatkan medali pertama sepanjang sejarah mereka lewat Kirani James. James meraih emas di nomor lari 400 meter putra Olimpiade London 2012 dengan catatan waktu 43,94 detik. Atlet berusia 19 tahun itu mengungguli Luguelin Santos (Republik Dominika) dan Lalonde Gordon (Trinidad & Tobago).

Kesuksesan James ini disambut gegap gempita oleh rakyat Grenada. Pemerintah negara itu kemudian memfasilitasi pesta rakyat lewat kebijakan libur setengah hari pada Selasa (7/8/2012). Kantor-kantor pemerintah sudah tutup pada siang hari dan kesempatan ini dimanfaatkan oleh warga untuk berkonvoi menuju kampung halaman James di Gouyave.

"Ini adalah pencapaian yang fantastis," ucap Richard Simon, sekretaris pers untuk Perdana Menteri Tillman Thomas, seperti dikutip Reuters.

"Hal ini pada dasarnya memberi Grenada rasa eksistensi di tengah komunitas internasional yang tak kami miliki sebelumnya dalam konteks atletik dunia," tambahnya.

Negara-negara di Karibia memang tengah berjaya di cabang atletik Olimpiade London 2012. Nomor lari 100 meter putra dan putri dimenangi atlet Jamaika, Usain Bolt dan Shelly-Ann Fraser-Pryce. Sementara itu, nomor lari gawang 400 meter putra jadi milik Felix Sanchez dari Republik Dominika.

( mfi / roz )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar