Minggu, 05 Agustus 2012

Setelah Lawan Valencia, Timnas Fokus ke AFF

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melakoni laga uji coba melawan Valencia, tim nasional Indonesia langsung mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala AFF pada 24 November-22 Desember. Pelatih timnas senior Nil Maizar mengatakan, sejumlah pemain skuad "Garuda" hari ini akan langsung menjalani training camp di Jakarta.

Dalam Piala AFF 2012 yang digelar diThailand dan Malaysia, Indonesia bergabung di Grup B bersama Malaysia dan Singapura. Satu tim lagi akan diperebutkan Kamboja, Timor Leste, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Laos di babak kualifikasi.

"Beberapa pemain sudah berada di Hotel Santika, mereka akan langsung lakukan TC di lapangan Halim. Rencananya TC tahap pertama ini dilakukan sampai tanggal 15 Agustus," ujar Nil kepada Kompas.com di Jakarta, Minggu (5/8/2012).

Pemusatan pelatihan untuk AFF ini rencananya dibagi dalam tiga tahap. Setelah tanggal 15 Agustus nanti, TC kedua akan dilakukan pada 25 Agustus hingga 30 September dan terakhir pada 7 Oktober hingga menjelang keberangkatan timnas ke Malaysia pada 21 November.

"Untuk partai uji coba, kita belum lagi tentukan lawan siapa, karena masih dikoordinasikan dengan PSSI. Sementara ini, kita akan lakukan persiapan kondisi fisik pemain dan taktik bermain saja di tahap pertama TC," kata Nil.

Tak masalah

Terkait kekalahan 0-5 dari Valencia, Nil menyatakan tidak ingin mempermasalahkan hasil tersebut. Mantan pelatih Semen Padang ini mengaku, laga itu hanya dijadikan untuk menambah pengalaman para penggawa timnas agar dapat tampil maksimal dalam Piala AFF.

"Kualitas mereka memang jauh di atas kami. Tetapi, banyak aspek yang kami lihat dari laga tadi. Intinya, saya tetap salut kepada para pemain. Mudah-mudahan, kami bisa lebih banyak mengambil pengalaman ini agar lebih maksimal lagi," kata Nil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar