Kamis, 02 Agustus 2012

Tontowi/Liliyana Juga Kandas, Bulutangkis Tanpa Emas

London - Pupus sudah harapan Indonesia untuk meraih medali emas dari cabang bulutangkis di Oliimpiade 2012. Satu-satunya wakil yang tersisa, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kandas di babak semifinal.

Tontowi/Liliyana menyerah dalam pertandingan sepanjang tiga set dari pasangan China Xu Chen/Ma Jin dengan skor akhir 23-21, 18-21, 13-21 pada Kamis (2/8/2012) malam WIB.

Tontowi/Liliyana mengawali pertandingan dengan baik dan sukses merebut lima angka pertama. Keduanya semakin melebarkan keunggulan tapi Xu Chen/Ma Jin tidak menyerah dan menempel ketat di skor 9-11.

Pasca jeda set pertama, Tontowi/Liliyana semakin di atas angin. Keduanya sempat memimpin 15-10 dan 18-14. Lawan kemudian sukses menambah angka dan terjadi skor tipis 19-18 masih untuk keunggulan pasangan Indonesia.

Kejar-kejaran terjadi di akhir periode dan terjadi kedudukan seimbang 21-21. Tontowi/Liliyana menutup set pertama 23-21 lewat smash keras Tontowi dan bola pukulan Ma Jin membentur net.

Set kedua berjalan lebih ketat. Reli-reli panjang terjadi dan beberapa kali terjadi skor sama kuat. Jeda set berakhir dalam kedudukan 11-10 untuk keunggulan Xu Chen/Ma Jin.

Pasangan China itu lantas menjauh. Pengembalian smash yang kurang sempurna dari Tontowi menjadikan skor kini 13-16.

Duel seru terus berlangsung tapi Xu Chen/Ma Jin tetap bisa menjaga jaraknya dari Tontowi/Liliyana sebelum menutup set kedua dengan skor 21-18 untuk memaksakan rubber set.

Di set penentuan, Tontowi/Liliyana bisa mengimbangi di awal tapi kemudian tertinggal jauh hingga 5-13 dan tidak bisa mengejar lagi sampai pertandingan usai.

Dengan kegagalan ini maka Indonesia gagal meneruskan tradisi emas di cabang bulutangkis sejak pertama digelar di Olimpiade pada 1992.

Tontowi/Liliyana tetap masih punya peluang meraih medali perunggu dalam perebutan tempat ketiga kontra pasangan Denmark Joachim Fisher Nielsen/Christinna Pedersen yang di semifinal lain kalah dari pasangan China Zhang Nan/Zhao Yunlei 21-17, 17-21, 19-21.
( rin / mfi )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar