Minggu, 05 Agustus 2012

Tundukkan Boe/Mogensen, Cai/Fu Rebut Medali Emas

London - China menegaskan dominasinya di cabang bulutangkis dengan meraih medali emas dari nomor ganda putra setelah di babak final, Cai Yun/Fu Haifeng berhasil mengalahkan Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Dalam pertandingan yang berakhir Minggu (5/8/2012), Cai/Fu menundukkan Boe/Mogensen straight set dengan skor akhir 21-16, 21-15.

Setelah sempat diimbangi Boe/Mogensen di awal permainan, Cai Yun/Fu Haifeng perlahan-lahan mulai menjauhkan diri. Hingga jeda set pertama mereka unggul 11-6 dari pasangan Denmark itu.

Pasca restart Boe/Mogensen bangkit. Keduanya bahkan mampu menyeimbangkan permainan dalam kedudukan 12-12.

Namun, Cai/Fu berhasil mengambil alih pimpinan kembali dan menjaga jaraknya dengan Boe/Mogensen dan menutup dengan kemenangan 21-16.

Duel lebih seru terjadi di awal set kedua. Kedua pasangan saling kejar-mengejar angka namun Cai/Fu unggul 11-9 saat turun minum.

Akan tetapi, lagi-lagi pasangan China berhasil menjauh dan bahkan unggul 20-14. Boe/Mogensen berhasil memperpanjang napas setelah sebuah smash keras menambah perolehan angkanya.

Namun, kemenangan sekaligus medali emas dipastikan milik ganda putra China setelah smash Cai jatuh di bidang permainan kosong lawannya untuk mengakhiri permainan dengan skor 21-15.

Ini adalah emas pertama bagi Cai/Fu di ajang Olimpiade setelah di edisi sebelumnya di Beijing, mereka harus puas memperoleh perak usai kalah di final dari pasangan Indonesia Markis Kido/Hendra Setiawan.

Sementara itu, medali perunggu direbut oleh pasangan Korea Chung Jae-sung/Lee Yong Dae yang mengandaskan perlawanan pasangan Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong 21-13, 21-10.

Dengan keberhasilan Cai/Fu meraih emas maka ini sekaligus menandai dominasi China di bulutangkis Olimpiade 2012 dengan menjuarai nomor tunggal putra (Lin Dan), tunggal putri (Lu Xuerui), ganda putri (Tian Qing/Zhao Yunlei) dan ganda campuran (Zhang Nan/Zhao Yunlei).
( rin / rin )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar