Jumat, 03 Agustus 2012

Zhang Nan/Zhao Yunlei Sabet Emas Ganda Campuran

Olimpiade 2012

Zhang Nan/Zhao Yunlei Sabet Emas Ganda Campuran

Jumat, 3 Agustus 2012 | 23:44 WIB

Dibaca:

AFP/ADEK BERRY Ganda campuran China, Zhang Nan, (3 dari kiri) Zhao Yunlei (3 dari kanan), memperlihatkan medali emas yang mereka raih di Olimpiade London 2012, Jumat (3/8/2012). Di final mereka mengalahkan kompatriotnya, Xu Chen (kiri) dan Ma Jin (2 dari kiri). Sedangkan medali perunggu diraih pasangan Denmark, Christinna Pedersen (kanan) dan Joachim Fischer (2 dari kanan).

LONDON, Kompas.com - Ganda campuran nomor satu dunia asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, menyabet medali emas Olimpiade London 2012. Pada partai final di Wembley Arena, Jumat (3/8/2012), mereka mengalahkan unggulan kedua yang juga kompatriotnya, Xu Chen/Ma Jin, dengan straight game 21-11, 21-17.

Keberhasilan China menempatkan dua wakilnya di partai puncak ini sesuai skenario, setelah mereka berhasil menyingkirkan lawan-lawannya di semifinal, Kamis (2/8). Zhang/Zhao mengalahkan unggulan keempat dari Denmark, Joachim Fischer/Christinna Pedersen, sedangkan Xu/Ma mengalahkan pasangan terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Sedangkan untuk medali perunggu sektor ganda campuran ini diraih Joachim/Christinna. Mereka mengalahkan Tontowi/Liliyana dengan 21-12, 21-12.

Kegagalan Tontowi/Liliyana ini menjadi cerita paling hitam dalam sejarah bulu tangkis Indonesia di arena Olimpiade. Pasalnya, Indonesia bukan hanya tak bisa mempertahankan tradisi medali emas, tetapi kali ini para pemain harus pulang dengan tangan hampa karena tak mampu meraih medali.

Sedangkan bagi China, emas dari Zhang/Zhao ini baru menjadi awal pesta mereka di Olimpiade. "Negeri Tirai Bambu" ini sudah pasti akan menambahnya dari sektor tunggal putri karena terjadi all-Chinese final, dan mereka berpeluang menambahnya dari tunggal putra ketika Lin Dan bertemu rivalnya dari Malaysia, Lee Chong Wei, serta ganda putri nomor dua dunia, Tian Qing/Zhao Yunlei yang akan ditantang unggulan keempat dari Jepang Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa.

Di sektor ganda putra pun, China berpeluang menyabet medali. Pasangan nomor satu dunia yang meraih perak di Beijing, Cai Yun/Fu Haifeng, melangkah ke semifinal dan Sabtu (4/8) akan bertemu pasangan Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

Editor :

Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar