Sabtu, 04 Agustus 2012

Hirvonen Perkecil Selisih dari Loeb

OUNINPOHJA, KOMPAS.com -  Juara dunia reli delapan kali Sebastien Loeb  terus bersaing ketat melawan pereli tuan rumah, Mikko Hirvonen, di ajang Kejuaraan Reli Dunia WRC seri Finlandia.

Sampai dengan Sabtu (4/8/2012), pada etape khusus ke-17 di Kota Ouninpohja, Loeb masih memimpin di puncak klasemen, tetapi Hirvonen berhasil mengejar dan menipiskan selisih waktunya dari Loeb.

Dari tujuh etape khusus yang sudah ditempuh, Loeb berhasil menang di lima etape, yaitu di etape 11, 12, 13, 15, dan 16. Namun Hirvonen mampu memenangi etape ke-14 dan ke-17.

Kemenangan di etape khusus ke-17 itu, membuat Hirvonen mampu menipiskan selisih waktu, dari 9,4 detik menjadi 7,2 detik.

Medan reli di Ouninpohja adalah jalanan beraspal yang cukup lebar dan terawat dengan baik. Kontur jalan naik turun, sehingga mobil para pereli banyak yang terbang sehabis melintasi tanjakan dengan kecepatan tinggi.

"Jalanan aspal memungkinkan saya melaju dengan kecepatan sangat tinggi, sehingga dapat mengungguli Loeb di etape ke-17. Saya ingin memenangi reli ini. Dengan selisih waktu 7,2 detik, hasil akhir di reli ini sulit diprediksi," kata Hirvonen.

Sebagai pereli tuan rumah, Hirvonen sangat berambisi menjadi juara di Reli Finlandia. Kemenangan di reli ini juga diperlukan untuk terus bersaing dengan Loeb di klasemen sementara. Loeb memimpin klasemen sementara dengan 145 poin, dan Hirvonen di urutan kedua dengan 107 poin.

Sementara itu, Loeb mengatakan,  dirinya berusaha menjaga momentum untuk tetap unggul di depan rekan setimnya itu. Bagi Loeb, kekalahan di etape ke-17 sangat tipis sehingga dirinya yakin dapat kembali unggul di etape terakhir dan menjuarai reli Finlandia.

"Mobil saya  dalam kondisi baik dan siap untuk bertarung di etape terakhir. Banyak pereli Finlandia yang ingin menang sehingga saya harus berjuang keras," kata Loeb. (AFP/ECA)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar