Rabu, 01 Agustus 2012

Menanti Duel Klasik Taufik vs Lin Dan

Jakarta - Duel antara Taufik Hidayat dan Lin Dan selalu menjadi laga yang layak dinanti. Sayangnya, belakangan Taufik tak punya rekor bagus kala bertemu Lin Dan. Mampukah Taufik menghidupkan kembali persaingannya dengan Lin Dan?

Undian di cabang bulutangkis nomor tunggal putra Olimpiade 2012 harus mempertemukan Taufik dan Lin Dan di babak 16 besar. Keduanya akan bertemu setelah sama-sama lolos dari babak grup.

Taufik dan Lin Dan pertama kali bertemu di tahun 2001. Duel pertama keduanya di ajang Kejuaraan Asia 2001 itu dimenangi oleh Lin Dan.

Setelahnya, pertemuan keduanya selalu seru. Taufik memenangi tiga duel berikutnya dengan Lin Dan. Sayangnya, catatan kemenangan Taufik atas Lin Dan terhenti di angka tiga. Kemenangan terakhir Taufik atas Lin Dan diraih di Kejuaraan Dunia 2005.

Sejak saat itu, Taufik tak pernah menang dari Lin Dan. Sebelas pertemuan terakhir antara keduanya selalu dimenangi oleh Lin Dan. Terakhir, Taufik harus mengakui keunggulan Lin Dan di babak perempat final All England 2012. Jika ditotal, dari 15 pertemuan, Lin Dan menang 12 kali.

Kini keduanya akan kembali saling berhadapan di babak 16 besar Olimpiade 2012, Rabu (1/8/2012) waktu setempat. Siapapun yang meraih kemenangan akan melangkah ke babak perempat final.

Melihat catatan pertemuan terakhir serta peringkat keduanya, Taufik bisa jadi tak lebih diunggulkan daripada Lin Dan. Sebagai catatan, Taufik kini menduduki peringkat 12 dunia. Sedangkan Lin Dan merupakan pebulutangkis nomor satu dunia.

Meski demikian, duel antara keduanya tetap layak untuk dinantikan. Apalagi Taufik dan Lin Dan sama-sama pernah meraih kejayaan di Olimpiade.

Taufik merebut emas di Olimpiade Athena 2004 usai mengalahkan Shon Seung-mo di partai puncak. Sementara 'Super Dan' menjadi yang terbaik di hadapan publiknya sendiri di Olimpiade 2008.

Taufik sendiri tak gentar menghadapi Lin Dan. Saat ditanya apakah dirinya masih cukup bagus untuk mengalahkan musuh bebuyutannya itu, Taufik menjawab, "Sebelumnya, tidak. Sekarang, mari kita lihat."

Mampukah Taufik?

( nds / mfi )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar