Senin, 06 Agustus 2012

Nil: Tiga Bulan Cukup Untuk Persiapan AFF

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional senior Indonesia, Nil Maizar, mengaku akan memaksimalkan persiapan skuadnya menjelang Piala AFF 2012 pada November mendatang. Ia menilai, waktu tiga bulan cukup untuk mempersiapkan turnamen yang akan digelar di Malaysia dan Thailand tersebut.

Pada Piala AFF 2012, Indonesia bergabung di Grup B bersama Malaysia dan Singapura. Satu tim lagi akan diperebutkan Kamboja, Timor Leste, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Laos di babak kualifikasi.

"Kita akan maksimalkan waktu tiga bulan ini. Saya pikir, untuk waktu tiga bulan itu cukup untuk persiapan AFF," ujar Nil usai memimpin latihan perdana timnas di Lapangan PSAU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/7/2012) petang.

Ketika ditanya mengenai persiapan sejumlah negara peserta lain yang mengirimkan skuadnya ke luar negeri, Nil mengaku tidak ingin membandingkan hal tersebut. "Kita jangan melihat persiapan tim lain yang melakukan TC di luar negeri. Kita harus fokus ke diri kita sendiri," jawabnya.

Pemusatan latihan untuk AFF ini rencananya dibagi dalam tiga tahap. Setelah tanggal 15 Agustus nanti, TC kedua akan dilakukan pada 25 Agustus hingga 30 September dan terakhir pada 7 Oktober hingga menjelang keberangkatan timnas ke Malaysia pada 21 November.

Pada latihan perdana hari ini, hanya 17 pemain yang ikut serta, karena empat pemain Papua, yakni Patrich Wanggai, Oktovianus Maniani, Titus Bonai, dan Fendri Movu berhalangan hadir dengan alasan urusan keluarga. Sementara, Bima Sakti sudah resmi mundur dari timnas usai laga uji coba melawan Valencia, Sabtu (4/8/2012).

"Penambahan pemain hanya Irfan Bachdim (Persema Malang) dan Taufiq (Persebaya). Selasa besok mereka datang," kata Nil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar